ursustel.net

ursustel.net – Ronaldo Koeman, pelatih tim nasional Belanda, menyampaikan pendapatnya mengenai gaya bermain timnya yang dianggap kurang menarik setelah mereka bermain imbang 0-0 dengan Prancis dalam pertandingan kedua Grup D Euro 2024, yang berlangsung pada Sabtu (22/6) dini hari WIB.

Hasil Pertandingan dan Poin Tim

Hasil imbang ini membawa Belanda mengumpulkan total empat poin dari dua pertandingan di fase grup. Dalam pertandingan pertama Grup D, Belanda berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Polandia. Koeman mengakui bahwa pertandingan melawan Prancis tidak menampilkan performa terbaik dari timnya. “Meskipun ada saat-saat kami tidak tampil maksimal, yang mungkin disebabkan oleh kekuatan lawan kami, Prancis, saya bisa menerima hasil ini,” ujar Koeman dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Kepuasan Koeman dan Siap Hadapi Kritik

Koeman juga menyatakan kepuasannya dengan hasil yang telah dicapai timnya sejauh ini dan menunjukkan kesiapannya untuk menerima kritik. “Kami memiliki empat poin dari dua pertandingan melawan salah satu tim favorit, saya akan senang dengan hasil seperti ini sejak awal. Saya puas, tapi saya ingin tahu bagaimana pendapat Anda,” tanya Koeman kepada para wartawan.

Pelatih berusia 61 tahun itu juga siap menerima jika ada yang berkata bahwa timnya bermain dengan gaya yang membosankan dan bertahan. “Anda mungkin mengatakan Belanda bermain membosankan dan defensif, dan itu sah-sah saja. Namun, saya yakin Prancis juga merasa puas hanya dengan membawa pulang satu poin,” tambahnya.

Kontroversi Keputusan VAR

Selama pertandingan, Belanda sempat mencetak gol melalui Xavi Simons di babak kedua, namun gol tersebut dianulir oleh wasit karena Denzel Dumfries dianggap berada dalam posisi offside dekat dengan kiper Prancis, Mike Maignan. Keputusan ini dikonfirmasi setelah dilakukan review dengan VAR.

Simons, berusia 21 tahun, mengomentari situasi tersebut dengan tenang. “VAR yang membuat keputusan, dan pada akhirnya kita tidak bisa berbuat banyak,” katanya. “Saya bisa mengeluh, tapi itu tidak akan mengubah situasi. Itu keputusan wasit, kita harus terus maju,” lanjut Simons.

Dengan sikap realistis dan siap menerima kritik, Koeman dan timnya kini fokus pada pertandingan berikutnya, berharap dapat melanjutkan momentum positif meskipun dengan gaya bermain yang mungkin tidak disukai oleh semua pihak. Perjalanan Belanda di Euro 2024 masih panjang, dan setiap poin akan berharga dalam usaha mereka untuk maju ke babak selanjutnya.