ursustel.net – Jus alpukat jadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi saat diet, karena dianggap mengenyangkan dan rendah kalori. Faktanya, kalori jus alpukat tergantung dari bahan apa saja yang jadi campuran.

Jadi, meski jus alpukat berasal dari buah kaya nutrisi, minuman ini bisa jadi tidak sehat ketika kamu mencampurkannya dengan terlalu banyak gula atau bahan tambahan lainnya.

Yuk, simak berapa banyak kalori, kandungan nutrisi, dan manfaat jus alpukat bagi kesehatan!

Kalori dan Kandungan Nutrisi Jus Alpukat

Menurut Fatsecret, satu gelas jus alpukat mengandung 195 kalori. Dengan rincian 57% lemak, 37% karbohidrat, dan 6% protein. Selain tiga kandungan utama tersebut, jus alpukat juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya.

Berikut ini rincian nutrisi alpukat per 201 gram:

  • Lemak: 30 gram.
  • Protein: 4 gram.
  • Karbohidrat: 17 gram.
  • Serat: 14 gram.
  • Vitamin C.
  • Riboflavin (vitamin B2).
  • Niacin (vitamin B3).
  • Asam pantotenat (vitamin B5).
  • Pyridoxine (vitamin B6).
  • Vitamin E.
  • Vitamin K.
  • Folat.
  • Magnesium.
  • Kalium.
  • Tembaga.
  • Mangan.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, tentunya alpukat bisa jadi pilihan buah yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Berbagai Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan

Jus alpukat mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Nah, berikut beberapa manfaat jus alpukat yang menarik untuk diketahui:

1. Mendukung program hamil

Nutrisi dalam alpukat juga memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan reproduksi wanita. Ini berkat kandungan vitamin E di dalamnya, yang menurut penelitian mampu mengoptimalkan kesehatan lapisan dinding rahim.

Selain itu, asam lemak tak jenuh pada buah alpukat juga bisa mendukung sistem ovulasi tetap teratur. Bagi kamu dan pasangan yang sedang promil, hal ini tentunya dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan.

2. Mencegah osteoporosis

Manfaat alpukat berikutnya yaitu mencegah osteoporosis, karena kandungan vitamin K di dalamnya.

Vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga dan mengontrol kesehatan tulang. Selain itu, vitamin K yang cukup dalam tubuh akan membantu penyerapan kalsium menjadi lebih optimal, sehingga tulang lebih kuat.

3. Melindungi mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin. Menurut jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science, kedua senyawa tersebut sangat baik untuk menunjang kesehatan mata.

Antioksidan tersebut bisa menyerap gelombang cahaya yang dapat merusak penglihatan, serta menurunkan risiko masalah kesehatan mata di usia senja seperti degenerasi makula dan katarak.

Sebagian besar antioksidan alpukat ada dalam daging hijau gelap yang paling dekat dengan kulitnya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Meski kalori jus alpukat tidak tergolong kecil, tetapi jus ini tetap bisa jadi menu diet. Sebab, alpukat kaya akan serat yang bisa membantu kamu merasa kenyang, sehingga kamu cenderung tidak makan berlebihan.

Selain itu, meski alpukat tinggi lemak, itu adalah lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Jenis lemak ini sangat penting untuk membantu memangkas lemak membandel di tubuh.

Oleh karena itu, konsumsilah jus alpukat tanpa gula untuk mendukung program dietmu.

5. Memberi energi untuk tubuh

Alpukat juga mengandung berbagai jenis vitamin B, termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), dan niasin (B3). Ini membantu tubuh mengubah makanan yang kamu makan menjadi energi.

Selain itu, alpukat sangat kaya akan niasin, yang dapat melawan peradangan dalam tubuh. Ini juga melindungi arteri dengan meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida.

6. Baik untuk jantung

Untuk kesehatan pembuluh darah, kamu perlu mengonsumsi lemak tak jenuh, seperti yang ada dalam alpukat. Sebaliknya hindari konsumsi lemak jenuh dalam makanan seperti daging merah dan produk susu penuh lemak.

Sebab, lemak sehat yang ada di dalam alpukat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, dan tekanan darah.

7. Meningkatkan mood

Dalam secangkir irisan alpukat, kamu akan mendapatkan sekitar 118 mikrogram asam folat atau vitamin B. Ini hampir sepertiga dari yang kebanyakan orang dewasa butuhkan setiap hari.

Kandungan vitamin B dalam alpukat bermanfaat untuk meningkatkan mood atau suasana hati, sehingga seseorang terhindar dari risiko depresi.

Sebaliknya, orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin B justru lebih rentan terhadap depresi dan cenderung tidak merespons antidepresan dengan baik.